Kue lapis Surabaya adalah salah satu jenis hidangan kue basah tradisional seperti kue basah nusantara lainnya, seperti kue lapis legit, bika Ambon, kue talam, kue mangkok, klepon, kue lumpur, kue pukis, ongol-ongol, apem, serabi, kue tape, putu mayang, donat, martabak, kue sus, kue cucur, dan lain sebagainya. Kue basah adalah merupakan makanan kecil yang biasanya dijadikan sebagai alternatif camilan. Biasanya disantap pada saat pagi atau pada saat santai di sore hari bersama minuman teh.

Kue basah itu mempunyai tekstur yang empuk dan lembut, namun kelemahannya adalah cenderung tidak tahan lama dan maksimal hanya akan bisa tahan untuk selama beberapa hari saja, bahkan kebanyakan kue basah itu hanya akan bisa bertahan hingga selama satu hari atau bahkan ada yang hanya bisa bertahan hingga setengah hari saja, tergantung pada bahan pembuatannya.

Kue basah itu biasanya terbuat dari tepung terigu, atau tepung beras atau singkong, atau sagu, dan gula, dan ada juga yang berbahan santan ataupun ketan. Kue lapis Surabaya ini cukup populer dan banyak terdapat di Surabaya, dengan terbuat dari tepung terigu, gula, telur dan mentega. Tekstur dari kue lapis Surabaya itu adalah empuk dan lembut.

Perbedaan Antara Kue Lapis Surabaya dengan Kue Lapis Legit

Namun banyak orang yang belum tahu bedanya antara kue lapis Surabaya ini dengan kue lapis legit. Keduanya sama-sama menggunakan sponge cake sebagai bahan utamanya, dan juga keduanya adalah sama-sama dari jenis bolu lapis. Kue lapis Surabaya dan juga kue lapis Legit ini adalah sama-sama bolu tinggi lemak, yakni dari kuning telurnya juga mentega dalam pembuatannya.

Perbedaannya adalah, jika pada kue lapis legit itu lebih tipis-tipis dan lebih banyak lapisan-lapisan layer nya, bahkan bisa mencapai hingga delapan belas lapis, sedangkan pada kue lapis Surabaya itu paling banyak hanya akan terdiri dari maksimal tiga lapis dengan ketebalan lapisan yang lebih tebal daripada yang ada pada kue lapis legit.

Warnanya bisa terdiri dari dua hingga tiga warna, yakni dalam variasi coklat original coklat, atau coklat original pandan, dan lain sebagainya, sedangkan kue lapis legit meski terdiri dari banyak lapisan namun biasanya justru hanya terdiri dari satu warna dan satu rasa saja, variasinya lebih ditekankan pada kenikmatan dari perbedaan tekstur di tiap lapisan di kuenya, maksimal adalah dengan dua warna dan dua rasa dalam satu kue. Dari segi rasa juga, lapis legit itu lebih berasa rempah dengan penambahan bubuk kayu manis atau yang lainnya dalam adonannya. Dari segi teknik pembuatannya juga berbeda.

Jika pada kue lapis Surabaya itu tiga adonan kue dipanggang masing-masing secara sendiri-sendiri dan baru disatukan dengan dilapisi selai, maka pada kue lapis legit itu cara menyatukannya adalah dengan dipanggang secara berlapis satu per satu, jadi tidak menggunakan selai. Dengan demikian maka proses pembuatan kue lapis legit akan lebih lama jika dibandingkan dengan proses pembuatan kue lapis Surabaya. Struktur kue lapis legit juga lebih keras daripada struktur kue lapis Surabaya.

Resep Kue Lapis Surabaya

Untuk membuat kue lapis Surabaya yang enak dan mudah serta istimewa ini akan membutuhkan waktu memasak sekitar total 1 jam 50 menit, atau hampir dua jam. Guna persiapan memasaknya akan memerlukan waktu sekitar 20 menit, untuk mempersiapkan bahan-bahannya dan hingga ke pengukuran bahan-bahan tersebut masing-masing sesuai takarannya. Kemudian waktu yang diperlukan untuk memasaknya adalah sekitar 1 jam 30 menit, jadi total waktu yang diperlukan adalah 1 jam 50 menit.

Berikut ini adalah resep kue lapis Surabaya untuk porsi sejumlah 20 potong.

Bahan-bahan untuk membuat Kue Lapis Surabaya

Bahan-bahan untuk membuat Kue Lapis Surabaya yang enak, dan spesial juga istimewa itu pada dasarnya terdiri dari bahan untuk membuat lapisan originalnya yang biasanya akan diberi warna kuning dan bahan untuk membuat lapisan coklatnya atau bisa juga lapisan hijau pandan, sesuai selera.

Bahan Lapisan Kuning Kue Lapis Surabaya

13 kuning telur

1 sdm (Sendok Makan) susu kental manis putih

75 gram margarin

30 gram tepung terigu

100 gram gula pasir

20 gram tepung maizena

15 gram susu bubuk

50 gram mentega

Bahan Lapisan Coklat Kue Lapis Surabaya

14 kuning telur

1 sdm susu kental manis putih

125 gram gula pasir

10 gram susu bubuk

30 gram tepung terigu

35 gram coklat bubuk

75 gram margarin

1/4 sendok teh baking powder

50 gram mentega

Bahan Selai untuk Olesan Kue Lapis Surabaya

Selain bahan untuk membuat lapisan kue lapis Surabayanya juga sediakan bahan selai untuk olesan guna merekatkan antar lapisan kue yang satu dengan yang lainnya nanti. Biasanya yang digunakan adalah selai strawberry.

Cara Membuat Lapisan Kuning Kue Lapis Surabaya

Langkah awal pertama kalinya yang harus dilakukan adalah dengan mengocok margarin bersama dengan mentega hingga sampai tercampur rata dan berwarna putih. Lalu tambahkan dengan susu kental manis yang sudah siapkan. Kemudian kocok lagi hingga semua merata.

Jika sudah, maka bisa langsung dilanjutkan dengan menyisihkan adonannya, lalu mengambil wadah yang berbeda, kemudian masukan kuning telur dan gula ke dalam wadah tersebut, lalu kocok kedua bahan tersebut hingga mengembang, dan lalu tambahkan susu bubuk, serta tepung maizena dan juga tepung terigu sambil juga diayak dan diaduk-aduk hingga tercampur rata.

Setelah itu, kemudian tuangkan kocokan telur ke dalam adonan kocokan mentega secara sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga tercampur merata. Kemudian siapkan loyang dengan ukuran sekitar 22 x 22 x 4 cm yang sebelumnya telah diolesi dengan menggunakan margarin, serta juga sudah dialasi dengan kertas roti. Lalu tuangkan adonan ke dalam loyang tersebut dan ratakan.

Kemudian bisa mulai dimasukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan dulu sebentar dan lalu masak dengan suhu 190 derajat Celsius selama kurang lebih 20 menit atau sampai matang. Kemudian buat lapisan kue kuning ini satu kali lagi.

Cara Membuat Lapisan Coklat Kue Lapis Surabaya

Lalu untuk membuat lapisan coklatnya kocok kembali mentega dan margarin yang sudah disiapkan hingga merata dan sampai berwarna putih. Lalu tambahkan juga dengan susu kental manis ke dalamnya. Kemudian aduk-aduk sampai merata. Jika adonan sudah merata lalu sisihkan. Kemudian masukan kuning telur dan juga gula pada wadah yang lain.

Lalu kocok kedua bahan tersebut sampai mengembang dan juga larut gulanya. Kemudian tambahkan tepung terigu, dan susu bubuk serta coklat bubuk dengan sambil diayak dan terus diaduk rata. Lalu selanjutnya, tuangkan kocokan telur ke dalam kocokan mentega secara sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga merata.

Lalu siapkan loyang dengan ukuran yang sama dengan ukuran loyang untuk lapisan kuningnya tadi. Kemudian olesi loyang dengan menggunakan margarin dan juga alasi dengan kertas roti. Kemudian jika loyang sudah siap, maka laku tuangkan adonan ke dalam loyang dan kemudian oven selama kurang lebih 20 menit dengan suhu sekitar 190 derajat Celsius ataupun hingga matang.

Cara Membuat Kue Lapis Surabaya

Jika ketiga lapisan kue lapis Surabaya tadi sudah matang dan dingin, lalu ambil satu lembar lapisan kue kuning dan lalu letakkan bagian kulitnya di posisi bagian bawah. Kemudian olesi dengan menggunakan selai strawberry yang sudah dipersiapkan.

Lalu tumpuk dengan lapisan kue coklatnya dan kembali olesi juga dengan selai strawberry hingga merata. Kemudian tumpuk dengan lapisan kue kuning yang satunya lagi pada bagian atasnya. Setelah itu lalu padatkan. Dan langkah terakhir adalah potong-potong kue tersebut dengan ukuran sedang dan lalu sajikan.

Demikianlah pembahasan mengenai kue lapis Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now
Whatsapp